Liburan Salah Satu Cara Mencintai Diri Sendiri



"Kenapa Sibuk Membuat Orang Lain Mencintai Kita,Tapi Kita Lupa Mencintai Diri Kita Sendiri?"
Terkadang kita sibuk mencintai orang lain, bahkan sampai mengejar dan membuat orang lain jatuh cinta ke kita dengan berbagai cara, mending kalau orang yang kita kejar cinta sama kita, kalau dia nggak cinta kan bisa makan hati hahaha. Nggak cuman itu aja, terkadang kita juga sibuk membuat orang lain agar baik sama kita, membuat orang lain menoleh ke kita, membuat orang lain suka atau cinta sama kita. Tapi kita lupa gimana orang lain mencintai kita kalau kita sendiri nggak mencintai diri kita sendiri, nah lo!

Padahal Self Love jauh lebih penting sebelum mencintai orang lain. Deadline yang segunung, kerjaan yang nggak henti-hentinya, bahkan kita sibuk memikirkan orang lain, memikirkan kebahagiaan orang lain dengan memberinya perhatian, memberinya hadiah, selalu menyediakan waktu untuk orang lain, ibaratnya kalau mereka butuh kita selalu ada. Tapi nyatanya kesibukan mencintai orang lain belum tentu terbalaskan yang menyakitkan belum tentu orang yang mati-matian kita cintai mencintai kita juga kan? Ini sih nyesek banget! 

Kesibukan kita untuk orang lain, malah membuat kita lupa bahwa diri sendiri juga butuh dicintai, butuh diperhatikan dan butuh diupgrade. Gimana bisa mencintai orang lain kalau kita nggak pernah mencintai diri sendiri? 

Mencintai diri sendiri nggak perlu ribet, mulailah dengan cara yang sederhana, memastikan diri dalam hati kalau kita memang layak untuk dicintai.

1. Lupa Memberikan Selamat Untuk Diri Sendiri
Sering banget kita memberikan hadiah entah berupa barang atau ucapan selamat atas kemenangan atau kesuksesan orang lain. 
"Selamat ya, kamu akhirnya di wisuda."
"Selamat ya kamu naik pangkat, kamu emang hebat deh!"

Tapi yang sering kita lupa itu memberikan ucapan selamat untuk diri kita saat mendapatkan sesuatu, nggak usah nunggu naik pangkat atau  ranking satu, tapi hal yang paling sederhana.
"Selamat ya buat aku yang udah suskses move on dari kamu."
Selamat ya buat aku yang udah berhasil menyelesaikan deadline tepat waktu."

Memberikan apresiasi untuk diri sendiri dalam bentuk kata-kata kan nggak ada salahnya, setidaknya kamu merasakan bahwa kamu bisa melakukan banyak kegiatan yang positif dan banyak kebaikan. 

2. Menjadi Orang Lain
Gimana mau dicintai orang lain dengan tulus, kalau kita sibuk menjadi orang lain agar dicintai sama banyak orang. Percayalah setiap orang itu punya keunikannya masing-masing, nggak perlu sibuk menjadi orang lain, tapi harusnya kita menjadi diri kita sendiri, dengan begitu hati jadi lebih nyaman dan tenang. 

3. Memberikan Reward Untuk Diri Sendiri
Hal yang sering terlupa itu memberikan hadiah untuk sendiri, pernah nggak sih kita berkaca dan memandang diri kita? Misal kulit dah kusam, rambut nggak terawat, pakaian nggak layak karena sibuk ngasih hadiah ke orang lain, sampai lupa dengan diri kita. Jadi, sesekali memberikan hadiah untuk diri kita sendiri hal yang wajar, semisal saat kita berhasil seharian nggak marah boleh lah me time ke salon atau saat kita berhasil mengerjakan sesuatu boleh banget kita memberikan hadiah barang yang kita suka atau liburan yang menyenangkan untuk diri kita sendiri. 

Liburan merupakan salah satu bentuk mencintai diri kita sendiri, dimana bisa membuat pikiran, hati merasa bahagia, tenang dan nyaman. Nggak perlu liburan jauh atau mewah, cukup ke tempat favorit kita atau tempat yang membuat bahagia, entah itu pantai, gunung bahkan wahana hiburan. Jangan lupa ajak orang-orang yang selalu mendukung kita selama ini, karena mereka itu  support system yang mencintai kita dengan tulus tanpa pamrih, yakinlah dengan adanya support system yang selalu ada di deket kita, akan membuat kita menjadi lebih berarti.

Tidak ada komentar