Taman Botani Sukorambi Wisata Alam Paling Lengkap di Jember


Suatu Sore di Taman Botani Sukorambi...
Setiap perjalanan punya ceritanya masing-masing yang kelak akan menjadi kenangan tak terlupakan. 

Jember sendiri merupakan kabupaten di provinsi Jawa Timur, yang terletak diwilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Selain terkenal dengan kota tembakau,  Jember juga terkenal dengan sebutan daerah seribu bukit, karena Jember memiliki banyak bukit, sehingga tak aneh jika Jember memiliki wisata yang sangat lengkap dan menyajikan kecantikan panorama alam yang memikat hati.




Dan, alhamdullilah beberapa waktu yang lalu saya bisa mengunjungi Taman Botani Sukorambi yang sangat hits itu bersama teman-teman Blogger lainnya. Konon Taman Botani Sukorambi ini merupakan wisata alam paling lengkap di Jember, tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tapi juga mengusung konsep rekreasi sambil belajar untuk segala usia. 

Iya, saat teman-teman ke Jember, wajib banget untuk mengunjungi Taman Botani Sukorambi. Karena Taman botani sukorambi merupakan taman wisata alam paling lengkap dan terdekat dari pusat kota Jember, teman-teman membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai disini, selain itu Taman Botani Sukorambi ini mengusung Konsep rekreasi sambil belajar dengan menyajikan aneka ragam koleksi flora, fauna, permainan, wahana dan ada paket wisata yang dapat dinikmati pengunjung segala usia dan sesuai kebutuhan, pantas saja tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. 

Taman Botani Sukorambi ini hadir karena ide dari Bpk. H. Abd. Kahar Muzakir yang membuat sarana Rekreasi alternatif bernuasa alam bagi masyarakat Jember, sekaligus  dapat membantu dunia pendidikan, dengan memberikan Sarana belajar tentang alam dan membantu pemerintah dalam mengajak masyarakat agar sadar lingkungan, tumbuhan dan satwa. Pantesan saja tanah sekitar 12 hektar ini disulap sangat hijau, bebas polusi dan punya banyak paket wisata edukasi yang bikin tambah pintar.

Ada Apa Saja Sih di Taman Botani Sukorambi?

Kebun Edukasi Hidroponik


Mataku memandang kagum kearah jejeran sayur hijau di taman hidroponik, Taman Botani Sukorambi, Jember. “MasyaAllah, punya kebun sayur kaya gini pasti bikin hidup jauh lebih sehat. “ Gumam saya dalam hati. 



Disini, teman-teman bisa menikmati kebun Hidroponik yang sangat hijau dan ditanami segala jenis sayuran yang sangat lengkap, dari kangkung, selada, Siomak, daun mint dan sayuran lainnya. Pokoknya jadi ingin makan sayuran yang ada disini he...he...




Selain bisa menikmati kebun hidronik, teman-teman juga bisa beli sayuran, memetiknya sendiri dan  bisa beli bibitnya loh, wah menarik banget kan, terlebih bisa belajar bagaimana cara menanam sayuran kaya hidroponik gini. Wah menarik banget, terutama buat teman-teman yang tinggal di perkotaan dan ingin hidup sehat menikmati sayuran setiap hari, pastinya hidroponik kaya gini nih yang paling cocok.


Taman Kelinci (Bunny & Friends Village)
Selain Kebun Hidroponik, di Taman Botani Sukorambi juga punya Taman Kelinci yang sangat lengkap. Taman Kelinci ini memiliki banyak jenis kelinci yang cantik dan sehat loh. 

Di Taman Kelinci ini saya banyak belajar bagaimana sih kelinci ini bisa bertahan hidup lebih lama. Maklum saja, saya pernah punya kelinci tapi sering meninggal, sedih banget dan meninggalnya bukan karena saya aniaya ya. Ternyata penyakit yang sering diderita kelinci itu pencernaan dan jantungan, untuk itu kelinci gak bisa kena kaget, untuk makanannya biasanya sayuran dilayukan terlebih dahulu baru diberi makan dan paling penting kelinci itu gak bisa keujanan atau kena air, nanti bisa sakit dan meninggal. 

Melihara kelinci kok repot ya? Sebenarnya sih gak, asalkan teman-teman memahami seluk beluk kelinci lebih dulu. Nah di taman kelinci ini banyak jenis kelinci yang lucu dan menggemaskan loh, mereka terlihat sehat dan sangat aktif. 

Oh iya, kotoran kelinci juga dimanfaatkan untuk menjadi pupuk semua tanaman di Taman Botani Sukorambi loh, benar-benar alami.


Taman KOI

Di Taman Koi ini teman-teman bisa melihat banyak ikan koi dan memberikannya makan, pasti menyenangkan. Ikan Koi ini sangat diminati dan menjadi salah satu hewan kesayangan. Dengan nuansa warna emas atau perak, Konon ikan Koi ini merupakan simbol cinta dan persahabatan. 


Cafe Tebing

Nah, di Taman Botani Sukkorambi ini teman-teman gak usah takut kelaparan, karena disini ada cafe tebing yang sangat instragrambel. Selain menyajikan makanan dan minuman yang enak, cafe tebing ini memiliki keunikan yaitu sebagian lantainya terbuat dari kaca. Wah, buat adu adrenalin bisa cobain deh ke Cafe Tebing. Selain itu dari sini teman-teman bisa menikmati pemandangan alam. 



Area Camp

Nah, di Taman Botani Sukorambi ini teman-teman bisa bermalam loh, bisa camping di area yang sudah disediakan, lebih dekat dengan alam dan pastinya bisa mengenang pas camping zaman sekolah dulu hehe. Pas malamnya, teman-teman juga bisa barbequan dan melepaskan lampion loh. Areanya bersih dan nyaman, terlebih disini disediakan sekitar 36 Kamar mandi loh, selain itu juga ada taman baca.

Rumah Pohon

Udah lama ingin punya rumah pohon, alhamdullilah pas kesini kesampaian buat naik ke rumah pohon. Oh iya disini ada dua rumah pohon yang bisa didatangi loh, lokasinya lumayan tinggi dan dari atas sini bisa melihat pemandangan yang indah banget. Oh iya, buat naik sampai keatas sini butuh perjuangan extra, karena tangganya lumayan curam dan tinggi euy, tapi pas sampai di atas, alhamdullilah terbayar deh perjuangan buat naik hihi.

Kolom Renang

Taman Botani Sukorambi punya 7 mata air yang dimanfaatkan untuk kolam renang. Paling saya suka kolam renang disini itu airnya diambil dari mata air langsung dan bebas kaporit, disini punya beberapa kolam renang untuk anak dan dewasa, letaknya di luar. Tak hanya itu di Taman Botani Sukorambi juga memiliki kolam renang privat khusus muslimah, jadi buat muslimah yang mau berenang gak perlu ragu-ragu lagi, Taman Botani Sukorambi ini memang ngertiin banget deh. 

Foto : @riyardiarisman
Nah, saya paling suka banget sama muslimah privat area ini, tempatnya luas, bersih dan fasilitasnya lengkap, kolam renang, kamar mandi, musholla, tempat charger, disediakan air minum di dispenser, sama ada ruang santai yang sangat luas, udah itu banyak spot kece pula. Pokoknya berenang disini lebih nyaman dan aman hi..hi...hi

Foto : @riyardiarisman

Flora dan Fauna Langka

Sepanjang perjalanan saya pun semangat melihat merak yang sangat cantik, selain itu juga love birds, untuk pohonnya ada duren, jengkol dan lainnya, semua pohon disini diberi pupuk alami dan dibiarkan matang di pohon.

Sebenarnya masih banyak yang bisa di exsplore disini, tapi sayangnya keterbatasan waktu hehe, semoga lain waktu punya kesempatan untuk datang lagi ke Taman Botani Sukorambi wisata alam paling lengkap di Jember agar bisa berkuda, mancing, belanja sayur dan mencoba bermalam di villa. Semoga bermanfaat.

Wisata Alam ke Taman Botani Sukorambi ini masih dalam rangkaian perjalanan Blogger Sueger Camp 2018 bersama Blogger Jember Sueger. Cerita Lengkapnya silahkan meluncur ke Mengenal Lebih Dekat Destinasi Wisata Jember.

Taman Botani Sukorambi 
Jalan mujahir, Sukorambi, Jember- jawa timur 68151
Telephon / wa : 0851 – 0070 – 7600 Fax ; 0331 – 481085
Facebok : taman.botani.sukorambi 
Instagram :  @taman.botani.sukorambi
Email : info@tamanbotanisukorambi.com
website :www.tamanbotanisukorambi. com

30 komentar

  1. Cocok nih buat rekreasi keluarga, sekaligus bisa mengenalkan anak pada budaya bertani dan berkebun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cocok banget, soalnya disini lengkap ada peternakan dan pertanian hehe

      Hapus
  2. Seru sekali yaa bisa wisata alam ke taman botani bersama keluarga

    BalasHapus
  3. Wah wisata yg asyik nih..saya jd pengen jalan jalan hehe..

    BalasHapus
  4. Emmmp.. bisa di tambahin ke wishlist nya rencana tahun baru nih

    BalasHapus
  5. Wah kece nih taman Botaninya, bagus banget buat ngisi liburan anak anak ya. Nggak cuma liburan aja tapi bisa sekalian belajar ya disiniiii. Mesti mampir nih kalo ke Jember. Makasi infonya yaaaaa

    BalasHapus
  6. wisata alam emang selalu lebih menarik ya.. dan wajib banget datang ke taman botani sukorambi ini nih

    BalasHapus
  7. wisata alam nya indah banget ya mba, wishlist nih hihihi

    BalasHapus
  8. Wah asik yah banyak spot photoable hihihih. Jadi pengen ajak anak kesini deh

    BalasHapus
  9. Kalau bukan membaca postingan teman-teman blogger tentang Jember, saya gak tahu ada tempat2 keren kayak taman botani ini di Jember.

    BalasHapus
  10. Baguus nih buat rekomendasi liburan keluarga..

    BalasHapus
  11. Trip menarik nih utk destinasi liburan, thx utk infonya..

    BalasHapus
  12. Lengkap ya .., cocok bawa anak2 kesini selain refreshing..juga bisa mengedukasi mereka soal alam..., Kelinci..dll..

    BalasHapus
  13. hmm.. belum pernah ke Jember. Taman Botaninya menarik nih, bisa buat leha-leha ataupun beraktifitas lainnya. bisa berhari-hari kali main disini ya.

    BalasHapus
  14. Rasanya pengen coba balik lagi ke Jember. Perna sekali ke sana, tetapi urusan kerjaan. JAdi yang berasa sama saya hanya cape dan jauh. Kapan-kapan mau ke Jember lagi untuk menikmati kotanya

    BalasHapus
  15. Area Camp nih cakep banget. Bisa buat keluarga dan kantor juga ya

    BalasHapus
  16. Area perkemahannya bersih dan luas juga ya kak. Jadi menyenangkan sekali habiskan waktu bersama keluarga

    BalasHapus
  17. Tamannya cakep bener itu, ajak keluarga seru kali ya

    BalasHapus
  18. Enak ya tempatnya ,,cocok buat refreshing bareng keluarga nih.

    BalasHapus
  19. Bahagia kalau menemukan tempat rekreasi.alam yang bisa dikunjungi ramai2 bareng anak. Semoga kelestariannya tetap terjaga ya. Amin...

    BalasHapus
  20. Ijo royo2 bangeeet, segeeer... Kalau di Sawangan Depok sini, ada di D'Kandang tempat buat hewan dan tumbuhan seger begitu.

    BalasHapus
  21. Pulangnya ditemenin di stasiun Semarang, makasih mba'Tia :D

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah akhirnya bisa menginjakkan kaki di TBS ya mbakk. Meski kita blm sempet ngobrol banyak wkwk

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah ke Taman Botani ini mba dan penasaran karena kebetulan aku dan suami suka wisata alamnya :)

    BalasHapus
  24. aku juga pengen banget ini ke sini, temen2 banyak yang cerita soal tempat ini enak banget apalagi ngajak anak-anak pasti seru

    BalasHapus
  25. Aku kalau gak dikabarin tmn2 yg ke Jember kmrn kalau Jember tu banyak tanaman tembakau gak bakal tahu lho :D
    Soalnya selama ini taunya Jember cuma JFC hehe
    Seru ya ke sana, moga2 bisa ke Jember dan ke Taman Botaninya :D

    BalasHapus
  26. wisata alamnya asyik banget nih, jadi mau kesana deh.

    BalasHapus
  27. Ini tempat wisata yang cocok banget buat keluarga ya Mba Tia, segala ada dalam satu tempat. Cuma kurang lama, apalagi di cafe tebingnya..

    BalasHapus
  28. wah seru banget ya main-main ke taman botani sukorambi nya apalagi yang rumah pohon itu unik banget! hahahhaha

    BalasHapus
  29. apa ada petugas yang mengedukasi tentang hidroponik di sana? boleh nih ajak keluarga liburan ke Taman Botani Sukorambi.

    BalasHapus