Cara Efektif Jatuh Cinta Dengan Buku Selama Liburan



Aku suka beli buku, tapi aku males bacanya, maksudnya baca buku tapi nggak jatuh cinta, terus aku kepikiran kalau aku ngelakuin hal yang nggak aku suka, hasilnya akan sia-sia. Padahal di rumah itu ada banyak buku terutama buku dongeng dan ada juga buku Parenting tapi tetap aja baca buku cuman mau ulangan aja, hiks.
Biasanya males baca karena merasa nggak ada waktu, baca buku itu ngebosenin, apalagi kalo lihat buku tebal dengan beratus-ratus halaman, benar kan? Padahal dengan membaca bisa membuat ingatan semakin kuat dan mendapat banyak informasi dan juga hal-hal baru, tentu teman-teman pernah dengar dong kalo “Buku adalah jendela dunia”. 

Dengan membaca kita akan lebih pandai dan bijak, maka dari itu penting sekali untuk menumbuhkan minat baca. Buku itu sebagai asupan nutrisi untuk otak agar kita melek informasi dan pengetahuan. Selain itu, tentu akan memberikan dampak yang besar untuk kemajuan bangsa, karena dengan membaca akan melahirkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas, memiliki daya pikir yang kritis, dan juga kreatif. 

Sampai pada akhirnya aku mengalami satu titik ngerasa aku nggak tau apa-apa. Memalukan! punya banyak buku bertumpuk-tumpuk tapi hanya menjadi hiasan aja, sejak itulah aku mulai membiasakan diri bersahabat dengan buku, hingga lama-lama aku jatuh cinta sama aroma buku yang menguar, aroma khas kenangan yang menempel di setiap lembarannya. 

Nah, buat teman-teman yang memang mau merasakan jatuh cinta sama buku, itu nggak susah kok, asalkan kita mau mendekatkan diri dengan buku, lama-lama perasaan cinta akan timbul dengan sendirinya. 

Ngomongin kegiatan membaca memang banyak cerita ya, terlebih saat pandemi seperti ini, pastinya kita punya banyak waktu luang, ketimbang digunakan untuk hal yang nggak jelas, lebih baik gunakan untuk membaca, teman-teman bisa mulai baca artikel dari Koran, majalah, atau buku-buku yang  disuka. Membaca bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan loh, berikut ada 4 tips bagaimana caranya biar kamu senang membaca: 

1. Cari Buku dengan Genre yang Kamu suka 
Ketika kamu menemukan hal-hal yang kamu suka, tentu akan membuat hatimu lebih senang untuk mengerjakannya. Begitu juga dengan membaca, dengan memilih tema yang kamu suka, kamu akan lebih tertarik dan menumbuhkan rasa semangat kamu. Tanamkan pikiran, bahwa membaca itu menyenangkan dan banyak manfaatnya, membaca itu bukan hal ngebosenin. Nah setelah kamu tau Genre apa yang kamu suka, kamu bisa list judul-judul buku yang kamu ingin beli. Kamu juga bisa minta rekomendasi dari teman-teman. 

2. Pergi Ke Toko Buku 
Dengan berkunjung ke toko buku, kamu akan bertemu ribuan buku. Melihat jejeran buku yang terpajang rapih di rak, akan membuatmu ingin memilikinya. Kamu akan menemukan berbagai judul buku disana, dengan jalan-jalan ke toko buku bisa membuatmu tertarik untuk membaca. Ketika kamu melihat buku-buku tersebut, pasti ada buku yang akan membuatmu penasaran. Perlahan kamu tertarik pada cover bukunya, lalu judul buku, dan kamu juga akan tertarik ingin membaca lebih jauh pada buku tersebut. Saat itulah minat baca akan tumbuh. 

3. Cari Tempat yang Menyenangkan untuk Baca 
Tempat yang nyaman dan kondusif akan membuat kamu lebih fokus dalam melakukan kegiatan apapun. Karena tempat juga akan mempengaruhi suasana hati kamu. Carilah tempat yang menyenangkan versi kamu atau tempat-tempat favorite kamu sebagai tempat untuk kamu membaca. Mau di indoor atau outdoor tidak masalah, karena selera orang tentu berbeda. 

Kalo kamu pencipta kopi, mungkin kamu bisa jadikan coffee shop sebagai tempat membacamu. Membaca buku sembari menikmati kopi favorite tentu menyenangkan bukan? Atau, kamu juga bisa baca buku dihalaman rumah atau taman sembari menikmati udara segar. Nah, kamar juga bisa menjadi tempat yang paling menyenangkan. Kamu bisa baca di sudut jendela kamar, atau meja belajar. Jangan lupa penerangannya ya. 

4. Biasakan Diri Untuk Membaca 
Setelah kamu memilih genre kesukaanmu, pergi jalan-jalan ke toko buku, dan tau tempat menyenangkan versi kamu untuk membaca, saatnya kamu mulai membiasakan diri untuk membaca. Tata niat, dan mulailah mencoba untuk mencintai literasi. Suatu hal yang sering kamu lakukan akan membuat hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Begitu juga dengan membaca. Ingat, bahwa membaca akan memperkaya ilmu. 

5. Berbagi
Ternyata dari membaca aku bisa berbagi banyak hal, semisal pas baca buku investasi, terus ada teman yang nanya apa sih investasi yang menarik saat ini? Karena udah baca dan dapat ilmu pengetahuan mengenai investasi, jadi setidaknya bisa berbagi mengenai investasi. 

6. Jadikan Buku Sebagai Sahabat
Asyik banget ya kalau punya sabahat yang serba tau, salah satunya teman-teman bisa menjadikan buku layaknya sahabat. Kalau udah sahabatan kan rasanya lebih nyaman. Iya, nggak?

7. Setiap Liburan Kemanapun Bawa Buku

Jatuh cinta memang butuh waktu, tapi percayalah jatuh cinta sama buku nggak akan bikin rugi atau buang-buang waktu, terlebih saat liburan begini. Semoga setelah membaca artikel ini bisa menumbuhkan minat baca teman-teman semua ya.

Tidak ada komentar