7 Cara Menyembuhkan Luka Hati, Salah Satunya Dengan Melakukan Perjalanan



Sebagai manusia pastinya kita pernah merasakan luka, patah hati, kecewa maupun sakit hati, entah karena sakit yang berkepanjangan, gagal, ditinggal orang yang lagi sayang-sayangnya bahkan stress merasakan pandemi yang sedang terjadi saat ini. Apapun alasannya itu yang penting jangan terlalu lama merasakan keterpurukan. 

Intinya nggak perlu cemas dengan perasaan seperti itu, karena itu termasuk hal yang wajar, nggak hanya aku atau kamu aja yang merasakan seperti itu, tapi banyak orang juga yang pernah ngalamin hal yang menyakitkan. Karena nyatanya rasa sakit itu akan membuat kita jauh lebih kuat.

Dalam proses seperti itu yang paling penting adalah bagaimana kita menyembuhkan luka tersebut bukan membuatnya semakin parah atau semakin sakit hingga menimbulkan dendam yang mendalam. Nah, inilah 7 Cara menyembuhkan luka yang biasanya aku lakukan, yaitu : 

1. Memaafkan
Memaafkan memang terkadang sulit, karena berhubungan dengan ikhlas, terlebih ketika luka yang kita alami begitu dalam. Tapi tanpa memaafkan kita akan selalu menoleh ke masa lalu dan menghambat masa depan. Jadi, memaafkan dan melupakan akan membuat hati jauh lebih baik. 

2. Menangis
Tak perlu malu untuk menangis, terkadang menangis menjadi salah satu solusi menyembuhkan luka, karena hati akan terasa lebih plong. So, buat teman-teman yang sedih dan terluka jangan pernah malu atau merasa baik-baik aja, padahal kita sedang terluka. Nggak perlu takut disebut cengeng, karena terkadang kita butuh menangis untuk mendapatkan perasaan nyaman. 

3. Menulis
Yakinlah dengan menulis semua yang ada di hati dan pikiran akan membuat perasaan kita menjadi plong, semua dicurahkan lewat tulisan jauh lebih baik ketimbang maki-maki orang yang 

4. Menonton
Menonton film yang menginpirasi pastinya ada pesan yang terselip. Kalau aku sendiri film apapun pasti ada pelajaran yang bisa dipetik, jadi mumpung lagi di rumah aja nggak ada salahnya menonton. 

5. Membaca
Buku-buku inpiratif saat ini bisa dengan bebas kita dapatkan. Nggak bisa dipungkiri membaca bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan terlebih membaca kisah inspiratif, kita akan mendapatkan banyak cara untuk menyembuhkan luka.

6. Makan
Makan yang manis seperti es krim, cokelat, gulali atau makanan favorit lainnya bisa dipercaya membuat hati jauh lebih baik. Walaupun begitu harus diingat juga, makan secukupnya jangan sampai kalap kemudian timbangan bergerak ke kanan, yang ada bukan menyembuhkan hati malah bikin hati terluka hihihi.

7. Melakukan Perjalanan 
Terkadang menyembuhkan luka kita butuh tempat dan suasana baru, jadi nggak ada salahnya melakukan perjalanan atau traveling ke tempat yang ingin kita datangi atau tempat favorit yang menyenangkan dan bikin bahagia, entah itu pantai, gunung atau ke wahana bermain.

Menyembuhkan luka hati butuh proses, nggak ada yang instan. Intinya semua hal yang positif itu bisa jadi self healing yang ampuh. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar