Sebelum Liburan Jangan Lupa Cek 8 Bagian Saat Service Motor di Planet Ban

"Ciptakan kenangan yang baik dengan pergi liburan, sebab waktu yang terlewat tak bisa terulang kembali" 

Sebelum liburan, jangan lupa untuk service motor terlebih kalau liburannya ke Magelang atau daerah dengan jalanan menanjak atau menurun. Rute seperti itu diperlukan motor dengan kondisi prima agar perjalanan lancar. Untuk itulah penting sekali sebelum pergi liburan wajib service motor. 

Kebetulan aku dan suami memilih menghabiskan liburan kali ini dengan menikmati pemandangan alam Magelang yang katanya memanjakan mata. Biasanya sebelum pergi liburan aku yang kebagian menentukan itenary perjalanannya dan cek bagaimana kondisi jalanan menuju Magelang.

Sebab kita berdua sepakat mengunjungi Magelang dengan mengendarai sepeda motor matic, dengan alasan lebih hemat waktu, bisa menikmati pemandangan dengan puas dan lebih romantis hihihi.

Itenary ke Magelang, aku sengaja memilih destinasi kawasan Sumbing, yakni :

1. Silancur Highland

2. Nampan Sukomakmur

3. Nepal Van Java

Melihat destinasinya, pasti sudah kebayang dong bagaimana akses jalanan menuju ke sana. Pastinya kondisi motor harus sehat agar bisa menikmati liburan dengan bahagia. Selain menyiapkan perlengkapan liburan dan penginapan, hal pertama yang aku dan suami lakukan langsung service motor. 

Memangnya service motor itu wajib?

Dulu aku kepikiran kalau punya motor itu cuman isi bensin saja, ternyata aku salah hihi, motor juga harus dirawat dengan baik dan tepat agar tetap sehat dalam kondisi apapun, kan nggak lucu lagi di perjalanan tiba-tiba motor turun mesin atau kapas remnya habis. Alamak! 

Selain itu service motor secara rutin juga menjadi investasi agar kondisi motor tetap sehat dan nggak sakit-sakitan, apalagi kalau sampai harus perbaiki dan ganti sparepart pastinya habis banyak. 

So, service motor merupakan proses pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tertentu. Ada beberapa bagian yang harus dicek, yakni memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin keseluruhan, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan yang lainnya. 

Berikut merupakan 8 bagian yang harus dicek saat service motor. 

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Untuk itulah kita harus rutin mengganti oli mesin sesuai dengan jarak tempuh yang tercapai, di mana rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin di 2500 km. Biasanya, biaya yang perlu dibayar meliputi biaya pembelian oli dengan harga yang sesuai dengan merek yang dipilih dan biasa jasa ganti oli. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada oli pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2 X lebih lama dari oli biasa. 

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar saja kalau retailer ini mengklaim bisa 2X lebih lama dari oli biasa, karena memang ini merupakan oli tertinggi di kelas oli dan oli ini sangat cocok untuk Oli Motor Matic 

Tentu saja kabar tersebut menjadi angin segar buat yang suka lupa ganti oli, karena jangka waktu pergantian oli jadi lebih lama. 

2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin mengganti oli gardan, karena oli gardan memiliki fungsi melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Untuk waktu penggantian oli gardan sebaiknya menggunakan rumus 2X ganti oli mesin kemudian baru dibarengi dengan 1 X ganti oli gardan. 

3. Busi

Busi merupakan bagian di motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi nggak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itulah perlu mengganti busi. 

4. Kampas Rem

Bagian terpenting yang tak boleh dilewatkan itu pengecekan kampas rem. Sebab keselamatan dan keamanan saat berkendara menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Dan, kampas rem merupakan komponen pada motor yang sangat besar pengaruhnya pada keselamatan, karena merupakan sistem pengereman. 

Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting mengapa kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor. 

5. Filter Udara

Filter udara memiliki fungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti. 

6. Aki atau Accu 

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala maka tegangan berada pada posisi 13,7-14,2 Volt. 

Jika tegangan aki sudah nggak sesuai dengan ketentuan tersebut atau ditemukan kebocoran atau kondisi terminal berkarat, mau nggak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan lebih detail. Sebab kondisi aki yang sudah nggak layak harus segera diganti agar bisa mengendarai motor dengan aman dan nyaman. 

7. Ban

Ban juga merupakan bagian terpenting yang harus dicek secara berkala, karena ban yang botak atau kurang angin akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara terutama saat musim hujan atau kondisi jalan yang kurang bersahabat. 

Bahkan sebaiknya setiap mau menggunakan motor harus cek ban terlebih dulu. Saat service motor, mekanik akan fokus pada tekanan udara di dalam ban dan memeriksa kondisi ban secara keseluruhan termasuknya bannya gundul atau nggak. 

8. Tune Up Motor Rutin

Service motor tune up merupakan service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator ( Saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson. 

Terkadang service tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart. Sebelum melakukan service motor, biasanya mekanik akan memberikan informasi terlebih dulu dengan meminta persetujuan, jika kita bersedia baru melakukan perbaikan.

Bengkel Service Motor Terbaik.

Tentu saja untuk melakukan service secara rutin dan amanah sudah seharusnya memilih bengkel service terbaik dan sudah berpengalaman. Lantas, apa ada bengkel service motor yang bagus? Jelas ada dong, aku rekomendasikan service motor di Planet Ban. Di bengkel ini kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru atau lebih dikenal dengan sistem service terpadu. 

Dengan melakukan jenis service motor ini biasanya untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang tepat dan biaya lebih hemat, karena fokus memeriksa dan memperbaiki pada service motor rasa baru dengan mengecek bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservice secara rutin.

Kenapa sih service di Planet Ban? 

Dokumentasi Pribadi

Pengalaman aku service di Planet Ban itu dikerjakan cepat dan setiap mau melakukan service dikonfirmasi terlebih dulu, apakah kita setuju atau nggak? Setelah setuju baru dikerjakaan, kemudian dicek ban motor dan lainnya.

Selain itu waktu mau ganti oli juga diberikan beberapa pilihan, dengan menggunakan oli cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin, otomatis mesin jadi lebih awet dan sehat. 

Service di tempat yang tepat dan dilakukan secara berkala menggunakan sparepart asli akan membuat motor tahan lama, mesin dingin dan tarikan enteng. Jadi motor bisa digunakan dalam kondisi apapun termasuk di jalanan yang menanjak dan menurun, bahkan jalanan yang rusak sekalipun. 

Makanya jangan lupa ganti oli setiap mencapai jarak 5000 km saja sekitar 4-6 bulan sekali, jadi nggak terlalu sering ke bengkel dan biaya service jauh lebih hemat. Bonusnya kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan karena emosi dan polusi dari motor jadi berkurang. 

Selain itu service motor di Planet Ban nggak akan menemukan banyak kotoran, debu atau sisa pembakaran yang tertinggal di mesin motor yang membuat motor terasa lebih berat. 

Sebab service di Planet Ban seluruh part mesin dibersihkan sehingga seperti baru lagi. Bahkan kepala silinder, blok CVT, Klep mesin, piston, throttle bode, semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran. 

Kalau begini kan mesin motor lama, jadi seperti baru lagi, apalagi tarikannya jadi lebih enteng dan bikin hemat BBM. 

Tenang saja, service motor di Planet Ban itu harganya ramah di kantong, untuk service saja hanya Rp. 20.000,- untuk service CVT sekaligus rantai Rp. 19.500 bahkan untuk service throttle bode hanya Rp. 20.000 jadi nggak usah takut mahal yak atau bikin kantong jebol. 

Selain itu Planet Ban juga lebih dekat, lokasinya menjangkau sampai kecamatan. Kalau kemarin aku service di Planet Ban Jepara. Hayo, siapa yang mau service motor jadi rasa mesin baru? 

Jangan lupa juga sebelum pergi liburan dengan mengendarai motor, service dulu motor secara lengkap, agar perjalanan jadi lebih aman dan menyenangkan. 

5 komentar

  1. Gak asyik banget ya Mbak misal pas liburan sepeda motornya malah rusak. Nyesel banget kan gak service dulu sebelum berangkat.

    BalasHapus
  2. Asikkk dapet tips yang emang kadang dianggap sepele, apalagi aku yang bepergian selalu pake motoran. Wajib banget menjaga motor tetap aman.

    BalasHapus
  3. Yes betul banget mbak harus diutamakan rajin servis motor demi jaga keselamatan kenyamanan dalam berkendara

    BalasHapus
  4. Duh dah lama aku gak liburan naik2 motor hehehe. Tapi bener kalau mau touring2 gtu kudu cek kondisi mesin supaya gak rewel pas perjalanan.

    BalasHapus
  5. Aku kalo ke mana-mana selalu motoran nih, boleh juga sarannya.

    BalasHapus