7 Tips Asyiknya Belajar di Rumah Seperti Liburan

"Ketika belajar seperti liburan pasti jadi lebih menyenangkan"


Nggak terasa ya udah masuk ajaran baru aja. Tahun ini memang beda dari tahun sebelumnya, belajarnya di rumah aja, walau banyak yang bilang bosen dan nggak efektif. Tapi, tetap kita harus mengikuti peraturan yang ada, toh ini juga demi kesehatan kita bersama. Untuk itulah aku ngajak buat teman-teman semua nggak usah ngeluh, tapi gimana caranya membuat belajar di rumah jadi lebih asyik seperti liburan. Nggak mudah, tapi nggak sulit juga, namanya juga belajar. 

Selama belajar online pastinya guru harus jadi Guru Kreatif karena mengajar secara online memang bukanlah hal yang baru, tapi buat setingkat SD, SMP dan SMA memanglah hal yang baru, untuk itulah guru harus kreatif, dimana memberikan materi yang menarik sehingga anak muridnya tertarik mengikuti pelajaran dan nggak bosen. Semoga saja para guru diberikan kesabaran dan terus berusaha mengupdate teknologi, biar nggak gaptek.

1. Manajemen Waktu
Walau belajar di rumah, tapi kita harus tetap membiasakan memanajemen waktu dengan baik. Misal masuk sekolah online jam 7 pagi, kita harus udah siap 30 menit sebelumnya, jangan sampai masuk jam 7 kemudian muncul di ruang belajar online jam 9 pagi. Walaupun kecil tapi tetap diperhatikan, karena ini menyangkut kebiasaan. Jadi baiknya belajar manage waktu dengan baik, kalau tepat waktu kan jadi asyik.

2. Koneksi Internet yang Memadai
Jangan lupa siapkan koneksi internet yang memadai, jangan sampai kehabisan kuota. Memang ini sangat berat sih, terutama bagi yang nggak mampu, misalnya bisa juga mengajak tetangga joinan buat pasang wifii yang sebulan bisa sekitar tiga ratus ribuan, kalau ada tiga rumah yang masang joinan kemungkinan bisa lebih terjangkau dan bisa menekan budget kuota internet. 

3. Jadikan Kesempatan Lebih Dekat Dengan Anak
Mungkin ini bisa dibilang kesempatan orangtua mendampingi anak untuk belajar di rumah, jadi orangtua dan anak bisa lebih dekat dan memiliki kesempatan bersama lebih lama. 

4. Suasana yang Nyaman
Walau belajar di rumah, tapi tetap menciptakan suasana rumah yang nyaman dan aman, misalnya memberikan space khusus untuk anak saat belajar secara online, dengan menyiapkan tempat duduk dan meja yang nyaman, ruangan bersih, atau ada penghijauan biar kalau jenuh bisa memandang pohon.

5. Bisa di Luar Ruangan
Nah, buat yang bosen belajar di dalam ruangan, bisa juga menyiapkan tempat belajar di luar ruangan, misalnya di halaman bisa sambil kemping.

6. Perlengkapan yang lucu dengan warna favorit
Jangan lupa siapkan pernak pernik yang mendukung, seperti earphone, mouse, speaker, mix dengan bentuk yang lucu dan dengan warna favorit. Jangan lupa juga perlengkapan sekolah.

7. Tetap Sehat
Walau belajar di rumah, tapi tetap menjaga kesehatan, dengan olahraga sebentar sebelum mulai kelas, sarapan yang bergizi, dan istirahat yang cukup, karena belajar juga butuh tubuh yang sehat juga bahagia. Nggak usah duduk terus, sesekali istirahat sejenak dan berlari-larian.

Oh iya, belajar sambil ngemil kenapa nggak? Yang penting nggak mengganggu proses belajar. Menyediakan cemilan favorit bisa membuat lebih semangat belajar. Jadi siapkan cemilan yaak. 

Bagaimanapun belajar di Dunia Maya memang putuh proses buat penyesuaian terutama buat yang baru. Nggak usah dijadikan beban, tapi jadikan seperti liburan yang panjang. Semoga aja apa-apa yang sedang kita alami saat ini menjadi pembelajaran untuk lebih baik lagi kedepannya dan semoga selalu diberi kesehatan. 

Tidak ada komentar