7 Tips Menjaga Liburan Agar Tetap Sehat dan Bahagia




“Karena sebuah perjalanan panjang dimulai dengan langkah yang kokoh, dan kakimu akan melangkah dengan baik ketika kita sehat”. –khajasa 



Sudah sejauh mana kaki kalian menjelajahi Indonesia? Mungkin di antara kalian, ada yang sudah menyelesaikan perjalanan dari Sabang sampai Merauke. Tapi jelas masih banyak di antara kita yang bahkan belum terlalu jauh dari halaman rumah kita sendiri. Entah itu karena sedikitnya waktu yang kita miliki, finansial yang kurang mendukung, tak ada teman yang bisa diajak jalan bareng, atau bahkan kesiapan tubuh untuk berjalan lebih jauh dari biasanya. Semua orang punya alasannya masing-masing. 


Terlebih hari ini, ketika dunia di sapa virus yang cukup mengerikan. Banyak yang terkena imbasnya. Termasuk industri pariwisata dalam negeri. Bahkan untuk orang-orang yang hobi traveling, jalan-jalan, backpacker dan sejenisnya, kali ini mereka harus sedikit menginjak rem. Banyak alasan untuk benar-benar beristirahat sejenak dari panjangnya kisah petulangan yang harus kita selesaikan.

Nah, tapi jika semua sudah berakhir dan kembali normal, apakah kita sudah siap berjalan lagi? Apa yang harus kita persiapkan sebelum perjalanan baru dimulai? Apakah tubuh kita siap liburan lagi tanpa takut sakit ditengah liburan yang sudah kita rencanakan? Atau justru teman-teman belum tahu harus melakukan apa untuk memulai petualangan baru itu. Berikut ini 7 tips Sehat dan Bahagia saat berpetualang versi aku.

1     Jaga Kualitas Tidur yang baik
Banyak dari kita yang kadang nggak terlalu peduli dengan kualitas tidurnya ketika menempuh perjalanan jauh semacam liburan, backpacker dan petualangan lainnya. Kita terbiasa dengan pola tidur seenaknya saat berlibur hanya karena kita masih menerapkan konsep “mumpung libur”. Pada akhirnya tubuh dipaksa terus menikmati serunya perjalanan tanpa beristirahat atau sekedar membiarkan tubuh untuk rebahan sejenak. 

Banyak orang membuat liburan mereka menjadi sarana untuk menyiksa tubuh mereka sendiri dengan alasan liburan. Terlebih biasanya kita punya kebiasaan buruk sebelum pergi liburan. Kebanyakan orang hampir merasakan hal yang sama, entah kebetulan atau tidak tapi kita semua pernah sulit tidur sebelum berangkat liburan. Betul? Mulai ubah kebiasaan buruk itu, usahakan tidur cukup sebelum bepergian. Tubuh juga butuh waktu untuk mengisi ulang energy layaknya smartphone kesayangan kita. Mulailah dengan mencintai tubuhmu sendiri, minimal dengan memberinya waktu tidur yang berkualitas.

Pilihlah makanan enak yang sehat
Tidak semua makanan enak itu sehat, dan banyak orang berfikir bahwa makanan sehat itu merepotkan. Ketika liburan biasanya kita terlalu terlena dengan aneka macam kuliner yang kita temui diperjalanan sehingga tidak jarang membuat tubuh kita menerima akibat dari makan makanan sembarangan. Padahal jika kita mau menahan diri sedikit saja untuk tidak sembarangan menghabiskan jatah jajan kita untuk membeli makanan yang belum jelas kesehatannya, kita masih bisa menjaga liburan kita tetap bahagia karena tubuh akan tetap fit dalam menikmati liburan yang sudah kita rencanakan jauh-jauh hari. Pastikan makanan yang kita pilih adalah makanan enak yang sehat bukan sekedar makanan enak.

Biasakan mencuci tangan
Mencuci tangan sudah diajarkan berkali-kali bahkan sejak kita masuk TK, tapi tidak semua orang menyadari  bahwa mencuci tangan adalah hal terbaik dalam menjaga tubuh tetap sehat. Hal yang selalu dianggap sepele ini adalah garis pertahanan pertama dari tubuh untuk menghilangkan bakteri, racun dan hal-hal berbahaya lain yang berusaha masuk kedalam tubuh kita.

Di perjalanan biasanya selalu saja ada alasan yang membuat kita harus melupakan hal tersebut. Misalnya saja tidak ada air bersih dan lainnya. Jadi minimal selalu sediakan air di dalam botol untuk sekedar mencuci tangan terutama sebelum makan minum. Atau setidaknya gunakan cairan semacam hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan. Percayalah, kadang diperjalanan kita tidak pernah bisa memprediksi akan bertemu dengan siapa, mungkin saja ketika kita membeli tiket masuk wisata seseorang sedang berusaha menularkan virus flu dan atau semacamnya melalui tangan, tiket dan uang kembalian. Siapa yang tahu, minimal jagalah tanganmu untuk tetap bersih.

Perbanyak minum
Selain memilih makanan sehat, dan istirahat cukup, tubuh kita juga perlu asupan air yang cukup. Karena seperti salah satu iklan yang cukup kita kenal, tubuh manusia membutuhkan cairan yang banyak. Tapi bukan sembarang cairan juga. Tubuh butuh air mineral yang cukup untuk menjauhkanya dari dehidrasi. Apalagi setelah menghabiskan energy yang cukup banyak ketika berkegiatan.

Tubuh akan mogok ketika kehilangan banyak cairan, karena saat dehidrasi secara tidak kita sadari energy dalam tubuh melemah. Artinya selalu bawa air minum yang cukup saat melakukan perjalanan. Jangan sepelekan hal tersebut.

Bawa selalu obat-obatan pribadi
Meski tidak semua orang mempunyai riwayat sakit pribadi, tetapi setidaknya mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Bawa perlengkapan P3K termasuk obat-obatan pribadi, kenapa hal itu menjadi harus? Karena kita tidak akan pernah tahu kapan tubuh kita akan diserang sakit. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki riwayat sakit dalam hidupnya. Minimal bawalah obat-obatan yang cukup umum, sehingga ketika kita mendadak merasakan sakit, kita tidak akan kerepotan mencari apotik atau toko yang menyediakan obat-obatan. Ketika berlibur hal itu menjadi penting, karena kita tidak selalu tahu di mana kita bisa menemukan obat-obatan ketika kita mendadak sakit.

 Batasi konsumsi Kopi
Tidak jarang orang yang berlibur akan mencari tempat makan atau sekedar tongkrongan yang menyediakan kopi. Karena menikmati kopi ketika liburan itu menjadi sesuatu yang sudah menjadi gaya hidup saat ini. Terlebih sejak munculnya film filosofi kopi, kebutuhan manusia akan kopi meningkat drastic, tiba-tiba saja kita yang cupu akan kopi mendadak menjadi ahli kopi. Betul?

Padahal konsumsi kopi berlebih tidak baik untuk tubuh kita. Apalagi saat kita melakukan perjalanan jauh, tubuh akan lebih rentan menerima gangguan kesehatan. Dan cafein yang terkandung dalam kopi bisa menjadi pemicu hal tersebut. Setidaknya, belajarlah untuk menikmati kopi secukupnya.

Jangan lupa konsumsi vitamin
Banyak orang yang kurang peduli dengan hal yang satu ini. Meskipun vitamin bukan obat, tapi saat tubuh kita dipaksa berjalan lebih jauh dari biasanya, artinya tubuh kita juga memerlukan asupan gizi yang lebih dari biasanya. Untuk itu asupan Vitamin bagi tubuh sangat diperlukan.

Pola hidup sehat dan Vitamin akan cukup membantu untuk kita saat melakukan perjalanan atau sedang menikmati liburan. Bagi orang yang sering lupa ata mengabaikan hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh semacam asupan makanan dan minuman sehat bagi tubuh. Vitamin akan menjadi solusi yang baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Nah, itu tadi 7 tips yang bisa aku bagi untuk teman-teman yang akan atau sedang liburan. Semoga liburan kita tetap sehat dan bahagia, buat teman-teman yang punya tips lain untuk menjaga kesehatan tubuh? Mari berbagi.

Tidak ada komentar