7 Manfaat dan Tips Menuliskan Cerita Perjalanan Agar Lebih Berkesan





Setiap Perjalanan mempunyai cerita yang kelak akan kamu bagikan, untuk itulah penting banget menuliskan kisah perjalanan agar bisa menjadi kenangan yang berkesan. Cerita perjalanan yang renyah dan lengkap membuat banyak pembaca suka, terlebih buat pembaca yang belum pernah ke wisata atau kota yang kamu singgahi, ketika kamu menuliskan perjalanan tersebut, pembaca seolah olah merasakan bahwa dia juga sedang ada di tempat tersebut.


Beberapa tahun yang lalu aku pernah menyambangi Negeri Jiran, pastinya wow banget dong! Aku mikirin dari sebelum berangkat sampai di tujuan, pastinya akan banyak cerita yang akan aku tulis di blog dan aku bagikan. Tapi, ternyata semua nggak seindah harapan, karena keseringan menggunakan senjata "Nanti Aja" alhasil gagal menuliskan cerita perjalanan, rasanya pengen banget nangis, secara itu perjalanan terjauh hahaha. Pokoknya semoga teman-teman nggak ada lagi yang mengalami seperti aku. 

Untuk itulah, aku mau bercerita mengenai 7 Tips Ngeblog menuliskan cerita perjalanan agar lebih berkesan, yaitu :

1. Carilah sudut cerita yang menarik
Tulislah dengan angle atau sudut yang menarik, entah dari kuliner, wisata atau orang yang kamu jumpai saat dalam perjalanan, makanya setiap perjalanan aku selalu berusaha untuk menyapa penduduk sekitar, dengan menyapa penduduk lokal maka akan menambah pengetahuan baru. Intinya buatlah sesuatu hal yang berbeda dan unik. Karena aku yakin setiap perjalanan itu pastinya punya cerita yang unik dan beda.

2. Pilihlah bahasa yang ringan
Menulis cerita perjalanan tak perlu menggunakan bahasa yang kaku atau menggunakan istilah yang masih awam, tulislah dengan bahasa yang simpel, ringan dan enak dibaca, biar pembaca nggak bingung.

3. Mulailah dengan apa yang kamu lihat dan Rasakan
Baiknya menuliskan cerita perjalanan itu detail, semisal harga bus atau tiket masuk, tulis lengkap dan bagaimana suasana saat perjalanan, apa yang kamu lihat dan rasakan semua ditulis, agar pembaca ikut merasakan perjalanan kita. Intinya sih bebaskan diri teman-teman untuk mulai menulis. 

4. Jepret Sesuatu yang membuat mata terpukau
Jangan lupa siapkan foto-foto yang menarik, karena dengan adanya foto akan membuat pembaca lebih tertarik buat membaca dan bisa melihat suasananya. 

5. Bebaskan Bercerita
Walaupun tetap menggunakan 5 W dan 1 H, agar tulisan lengkap dan lebih memberikan informasi yang sebenar-benarnya, tapi tetap bebaskan dirimu untuk bercerita, memulai dan mengkahiri. 

6. Terkadang butuh Kerangka tulisan
Kalau teman-teman masih bingung mau menulis dari mana, bisa buat dulu kerangkanya. Kalau sudah ada kerangka, teman-teman nggak akan bingung mau memulai dari mana? Boleh dari perjalanan awal, atau mulai dari tengah bahkan bisa memulai dari akhir perjalanan. 

7. Karena kita suka melupa
Tulis saat dalam perjalanan hal kecil yang penting bisa di block note, note di hp, dan setelah santai langsung tulis di blog. Menunda-nunda menulis cerita perjalanan hanya akan membuat malas dan nantinya nggak bersemangat lagi.

Nah, menulis itu nggak perlu menunggu tulisan teman-teman bagus, tapi menulislah karena ingin berbagi kisah perjalanan yang berkesan. Untuk itulah penting banget setelah perjalanan menuangkan cerita ke dalam blog. Manfaat Ngeblog terutama menulis tema perjalanan itu sangat menyenangkan, kita bisa selalu mengenang setiap detail perjalanan yang kita lalui, kemana dan sama siapa kita melakukannya, selain itu bisa menjadi kenangan dan bukti bahwa kita pernah menginjakanan kaki di belahan bumi yang lain. 

Walaupun menulis cerita perjalanan itu nggak semudah yang terpikirkan, tapi kalau kita menulis dengan hati dan rasa, maka akan menjadi lebih mudah. Dan, jangan lupa menulis, membaca dan revisi lagi, lagi dan lagi. 

Tidak ada komentar