8 Rekomendasi Wisata Cagar Budaya di Solo yang Cocok Untuk Liburan



Solo tak hanya terkenal sebagai kota wisata, tapi juga dikenal sebagai kota budaya, karena memiliki banyak bangunan cagar budaya yang menarik untuk ditelisik lebih dekat lagi. 

Terlebih pada 23 september 2021 yang lalu, wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meluncurkan aplikasi Solo Destination, tentu saja aplikasi yang bisa teman-teman download itu memuat informasi cagar budaya yang ada di kota Solo. 

Pastinya aplikasi tersebut bisa mempermudah teman-teman generasi millenial untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kawasan wisata cagar budaya beserta dengan sejarahnya, cocok banget nih buat pelajar dan juga mahasiswa. 

Dengan adanya aplikasi Solo Destination sangat membantu buat teman-teman yang mau wisata cagar budaya di kota Solo, setidaknya bermanfaat bagi generasi millineal agar lebih memahami dan mencintai bangungan pelestarian cagar budaya. Kalau bukan kita semua yang mencintai dan menjaganya lantas siapa lagi?

Merawat cagar budaya agar tetap bisa dinikmati generasi selanjutnya dengan melindungi bisa dengan cara melakukan pemugaraan, mengembangkan dan memanfaatkannya dengan baik demi kepentingan bersama. 

Ada banyak bangunan yang termasuk cagar budaya di kota Solo, setidaknya ada 91. 

Berikut 8 Destinasi Cagar Budaya di kota Solo, yakni : 

1. Loji Gandrung

Setelah melakukan renovasi, rumah dinas Walikota Solo atau yang dikenal dengan Loji Gandrung kini dijadikan tempat wisata baru. Bangunan yang bergaya Eropa tersebut masuk dalam salah satu kawasan cagar budaya. 

Bangunan nuansa putih itu, seolah memiliki magnet bagi masyarakat untuk mengunjungi Loji Gandrung. 

2. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran ini menyimpan banyak koleksi berharga dari kerajaan Majapahit dan Mataram, sudah tentu Pura Mangkunegaran ini termasuk kawasan cagar budaya yang dilestarikan oleh pemerintah setempat. 

3. Monumen 45 Banjarsari

Jika singgah di kota Solo, jangan lupa mampir ke Monumen 45 Banjarsari yang lokasinya dekat dengan Stasiun Solo Balapan. Monumen 45 Banjarsari ini juga memiliki ruang terbuka hijau dan menjadi salah satu kawasan cagar budaya. 

Paling menyenangkan ternyata tempat wisata yang buka setiap hari ini gratis lho, gimana tertarik untuk mengunjungi Monumen yang satu ini? 

4. Taman Balekambang

Pastinya banyak yang penasaran sama wajah baru dari Taman Balekambang setelah setelah mengalami proses revitalisasi. Taman Balekambang sendiri menjadi kawasan cagar budaya yang menjadi pusat kebudayaan Jawa yang megah dan menarik. 

5. Kawasan Keraton Solo

Rasanya tak lengkap kalau mengunjungi Solo belum datang ke Kawasan Keraton Solo. 

6. Masjid Laweyan

Masjid Laweyan merupakan Masjid tertua di kota Solo dan menjadi kawasan cagar budaya. Memiliki arsitektur bangunan yang unik dan bersejarah. Walaupun usia bangunan sudah menua tapi masih tetap kokoh berdiri dan terawat dengan baik. 

7. Benteng Vastenburg

Salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda ini menjadi kawasan cagar budaya. Bangunan bernuansa putih yang kokoh dan asri ini berada di Jalan Jenderal Soedirman, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta.

8. Kantor Bondho Lumakso

Meski bangunan kantor Bondho Lumakso itu sudah tak muda lagi, namun masih terlihat kokoh dan megah. Bangunan yang berlokasi di kecamatan Jebres ini menjadi kawasan cagar budaya. 

Dari beberapa tempat wisata cagar budaya tersebut, teman-teman tak hanya bisa berwisata atau foto-foto saja tapi bisa belajar lebih jauh mengenai sejarah dan budaya. Semoga saja ke depannya Pemerintah setempat dan masyarakat bisa terus kompak menjaga bangunan cagar budaya agar tetap bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Tidak ada komentar