Memanfaatkan 7 Potensi Komoditas Lokal Untuk Produk Kecantikan dan Kesehatan

 



Indonesia merupakan Negara kaya akan rempah yang berlimpah, tak hanya itu ternyata juga menyimpan Potensi Komoditas Lokal Untuk Produk Kecantikan dan Kesehatan, pastinya sangat alami, baik untuk tubuh dan ramah lingkungan.

Kalau aku sendiri juga lebih senang menggunakan produk kecantikan dan kesehatan yang mengandung bahan-bahan alami, karena lebih aman dan nyaman.   

Nah, mungkin teman-teman penasaran ya apa aja sih komoditas lokalnya? 

Mungkin teman-teman pernah mengecek label pada produk kesehatan dan kecantikan, pastinya banyak kandungan yang berasal dari tumbuhan semisal lidah buaya, rumput laut, kopi, rempah, minyak tengkawang, pegagan, timun, bunga melati, tengkawang. Bahkan ada juga sarang burung walet dan madu. 

Semua bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, Karena apa-apa yang alami sangat baik untuk tubuh bahkan bisa diterima oleh tubuh dengan baik. 

So, penting banget buat teman-teman semua mengenal komoditas lokal yang punya banyak manfaat, agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin. 

1. Rumput Laut

Rumput laut sangat terkenal sekali, selain bisa digunakan membuat agar-agar, rumput laut bisa dimanfaatkan untuk produk kecantikan dan kesehatan, karena memiliki kandungan antioksidan dalam bentuk vitamin c, asam lemak omega-3, dan kalsium. 

Selain itu rumput laut sangat mudah ditemui, karena Indonesia memiliki potensi kelautan yang tak diragukan lagi. Dan, rumput laut ini menjadi salah satu bahan pembuatan lipstik. 

2. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sudah nggak diragukan lagi keberadaannya. Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang sangat popular dan mudah ditemukan keberadannya di Indonesia. Memiliki kandungan vitamin A, C dan E. Selain itu memiliki kandungan enzim, mineral, gula, antrakuinon, asam lemak dan sebagai anti inflamasi. Karena kandungan itulah lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk produk kesehatan dan kecantikan. 

3. Tengkawang

Tengkawang merupakan salah satu tanaman dari Kalimantan yang memiliki banyak manfaat. Memiliki nilai ekonomis karena bisa menggantikan minyak loh. Bahkan Tengkawang ini dijuluki sebagai pohon kehidupan. Tengkawang juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat lipstik, seperti illie butter

4. Moringa atau Kelor

Pohon yang bisa kita jumpai di Indonesia yaitu kelor, walaupun saat pertama kali mendengar nama kelor selalu dihubungkan dengan nmistis, ternyata memiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan vitamin A, C dan E. Ia bisa dinikmati langsung dengan menjadikan sayur kelor. 

Tentu saja bisa diolah menjadi bahan kesehatan dan kecantikan salah satunya bisa diolah menjadi masker wajah untuk mengatasi jerawat di kulit wajah dan digunakan untuk parfum. 

5. Sereh

Sereh memiliki aroma yang khas yang bikin rileks dan punya kandungan antioksidan, sereh juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan sebagai toner. 

6. Sarang Burung Walet

Sarang burung walet terkenal memiliki banyak manfaat, sebagai antioksidan, sumber asam amino dan baik untuk kulit. Saat ini sarang burung walet banyak digunakan untuk serum yang bikin wajah glowing dan bikin cantik

7. Madu

Madu memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Ia juga bisa dijadikan pengganti gula. Madu itu baik untuk kesehatan bisa digunakan untuk menangkal tradikal bebas, jantung dan pencernaan.

Dalam bidang kecantikan, madu juga digunakan untuk produk sabun, pembersih wajah dan lotion. 

Nah, komoditas lokal diatas sudah seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam proses pembuatan produk untuk kesehatan maupun kecantikan, selain itu juga nilai jual yang tinggi dan lebih terpercaya. Dengan meningkatkan komoditas lokal, maka bisa memperdayakan masyarakat sekitar dan membuat masyarakat sejahtera.

Oh iya, aku jadi kepikiran mau usaha dengan memanfaatkan komoditas lokal untuk produk kecantikan dan kesehatan. 

1 komentar

  1. Iya, banyak banget komoditas yang alami di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk produk kecantikan yaa

    BalasHapus